Laman

Media Tanam Bunga Adenium Yang Tepat

Media Tanam Bunga Adenium Yang Tepat, Media tanam adenium yang baik adalah porous dan kering. Apapun media akan digunakan terpenting tidak menahan air, secepat mungkin air bekas siraman atau air hujan segera dialirkan ke lobang-lobang pot. Karena tanaman ini hanya butuh sedikit air bukan jenuh air. Memilih media tepat akan mempermudah perawatan adenium kemudian hari.

Memperhatikan media baik akan membuat adenium tampil cantik indah mempesona.

Media lembab atau menahan air tidak baik untuk adenium, tanaman akan mudah terkena penyakit atau akar membusuk. Kalau akar adenium membusuk berujung pada kematian tanaman.


Media Tanam Bunga Adenium Yang Tepat

Peringatan !!
Tanaman adenium ini sebaiknya tidak ditanam mengunakan tanah liat, tanah merah atau sejenisnya dengan daya ikat tinggi.


Media yang tepat diantaranya pasir, sekam, sekam bakar, coco peat, tanah arang, tanah bakar, akar pakis, pupuk kandang dan lain-lain. Menurut beberapa leteratur media yang cocok pH (keasamanya) antara 5,5-6,5.

Jenis media akan mempengaruhi intensitas penyiraman adenium.

Sebelum media digunakan sebaiknya dibersihkan dahulu agar terbebas dari hama atau bibit penyakit, untuk media pasir gunakan butir agak kasar (pasir malang), sebaiknya dicuci sebelum digunakan.


Perawatan adenium baik tentu memperhatikan komposisi media yang tepat. Tidak ada aturan baku komposisi media tanam adenium harus digunakan, yang perlu diperhatikan adalah memenuhi unsur-unsur berikut dalam satu wadah, pupuk, unsur hara, pelepas daya ikat media.


Selain media tanam adenium, komposisi media juga dianggap penting, karena akan mempengaruhi perkembangan tanaman dikemudian hari.

Komposisi tidak baik penyebab adenium mudah terkena penyakit perkembangan adenium terhambat atau tidak maksimal pertumbuhan.


Komposisi Media

Berikut Contoh Komposisi Media Adenium ;

  1. Sekam bakar 30%, coco peat 20%, pasir 20%, pupuk lengkap 30%
  2. Sekam bakar 40%. pasir 20%, akar pakis 20%, pupuk 20%

Hobiis boleh memiih salah satu komposisi diatas atau bisa juga menciptakan komposisi media sendiri tentu saja berdasarkan pengamatan dan pengalaman selama memelihara adenium.

Untuk lapisan dasar pada media ditambahkan batu kasar, pecahan genteng atau potongan styrofoam, gunakan salah satu saja ini bertujuan agar air tidak terhambat didasar media.

Dengan komposisi media tepat adenium tumbuh maksimal dikemudian hari tanpil indah mempesona.